Senin, 17 Oktober 2022

Sukses Gelar Pekan Bahasa Arab Internasional ke IX, HMJ Pendidikan Bahasa Arab Mengucap Syukur


"Alhamdulillahi rabbil 'aalamiin", Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Muhammad Taufiq, mengucap syukur setelah terselenggaranya Pekan Bahasa Arab Internasional ke IX. Acara yang digadang menjadi acara terbesar Jurusan Pendidikan Bahasa Arab ini sukses digelar selama 4 hari dari tanggal 12-15 Oktober 2022. Acara secara langsung dibuka oleh Wakil Rektor 3 UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Dr. Sirajul Munir, M. Pd di Auditorium Kampus 2 UIN Mahmud Yunus Batusangkar.
 
Acara yang digelari dengan Alek Gadang PBA ini dilaksanakan setiap tahun, yang acaranya diisi dengan Webinar Arabic dan berbagai perlombaan mulai dari tingkat Internasional hingga tingkat lokal. Pada tahun ini, Webinar Arabic diisi oleh Syaikh Eid Ali Elnadi Badawiy yang berasal dari Universitas Al Azhar, Mesir. Perlombaan yang digelar yaitu Musabaqah Hifzhil Qur’an (MHQ) tingkat Mahasiswa Internasional, Musikalisasi Puisi Bahasa Arab tingkat Mahasiswa se-Indonesia dan Musabaqoh Tsaqofiyah tingkat Mahasiswa se-Sumatera, Ghina Arabiy tingkat Mahasiswa dan Nasyid tingkat Siswa MA sederajat se-Sumatera Barat. Peserta lomba berasal dari berbagai negara seperti Thailand, Kamboja, Mesir dan lainnya.


Tidak luput dari Pemerintahan Daerah Kabupaten Tanah Datar, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Bapak Elizar, S.H juga turut hadir dalam pembukaan acara untuk memberikan kata sambutan dan apresiasi terhadap Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Setelah sebelumnya, Bupati Tanah Datar, Bapak Eka Putra, S.E.,M.M menyampaikan apresiasi dan mendoakan kesuksesan acara melalui sebuah video.


Dalam kegiatan ini, peserta perlombaan diupayakan mampu mengekspresikan dengan sepenuh hati semua potensi atau bakat yang dimilikinya. Kegiatan yang dapat mengembangkan potensi dan bakat ini diharapkan juga dapat memberikan dampak positif bagi Mahasiswa/i UIN Mahmud Yunus Batusangkar khususnya Mahasiswa/i Jurusan Pendidikan Bahasa Arab.

Tiga hari berselang, tepatnya Hari Sabtu, 15 Oktober 2022 agenda selanjutnya yaitu closing ceremony dan pengumuman pemuncak lomba dilaksanakan. Alhamdulillah, mahasiswa PBA menyabet juara 1 tingkat Nasional dan Regional lomba Musikalisasi Puisi Bahasa Arab dan lomba Ghina' 'Arobiy. Sangat disayangkan, Lomba Internasional Musabaqoh Hifdzil Qur'an 10 Juz, mahasiswa PBA UIN Mahmud Yunus Batusangkar berada di posisi ke 4. Lomba MHQ ini berhasil dijuarai oleh Sren Pouhim yang berasal dari Kamboja. (eremer)


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :