Jumat, 01 April 2022

SINERGITAS JURUSAN DAN HIMPUNAN MAHASISWA BERKOLABORASI MENGADAKAN SEMINAR DAN WORKSHOP NASIONAL

 

Batusangkar- Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab serta Tadris Biologi yang bersinergi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar yakni HMJ Pendidikan Agama Islam, HMJ Pendidikan Bahasa Arab dan HMJ Tadris Biologi secara berkolaborasi mengadakan kegiatan kegiatan Seminar dan Workshop Nasional dengan tema "Digitalisasi dalam Pembelajaran; Tantangan Dunia Pendidikan Menuju Era Siciety 5.0" di Aula Kampus 1 IAIN Batusangkar dengan menghadirkan Dr. Muhammad Adri, MT, sebagai pemateri. Pada Rabu-Kamis tanggal 30-31 Maret 2022, yang dilaksanakan secara offline dan online. Peserta kegiatan ini berasal dari mahasiswa FTIK IAIN Batusangkar, UIN Ar-Raniry, IAIN Curup, IAIN Kerinci, UIN SUSKA, IAIN Lhokseumawe, IAIN Langsa, dan Universitas Syiah Kuala.

Perkembangan yang sangat pesat pada bidang IPTEK telah membawa perubahan dan dampak yang sangat besar dalam bebagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Era 4.0 yang disebut juga dengan Revolusi Industri sekarang ini lebih dikuasi oleh teknologi dan banyak peran manusia yang berkurang. Untuk mengatasi permasalahan tersebut berkembanglah menjadi Era 5.0 dimana pemberdayaan kemanusiaan makin berkembang yang dibarengi dengan keharusan memiliki kemampuan kreatifitas, kemampuan kritilkal thinking, kemampuan komunikasi dan kemampuan kolaborasi. Kita perguruan tinggi yang bergerak di bidang pendidikan harus bisa menyesuaikan diri dan memberikan bekal kepada civitas akademika untuk menghadapi perkembangan yang ada pada masa sekarang ini. Berbagai strategi untuk meningkatkan dan memberikan kemampuan kepada mahasiswa dan dosen agar melek kepada perkembangan yang ada termasuk dalam IPTEK, salah satunya adalah dengan pelaksanaan Seminar dan Workshop Nasional Digitalisasi dalam Pembelajaran ini, sehingga pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas output dari perguruan tinggi ini.

Setiap kegiatan jurusan dan lembaga kemahasiswaan hendaknya mampu mengkolaborasikan antara kegiatan yang bersifat akademik dengan kegiatan yang bersifat pengembangan kreatifitas dan bakat mahasiswa termasuk kegiatan yang hari ini dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan ini yang perlu kita dukung dan support sehingga kegiatan bisa berarti bagi pengembangan potensi mahasiswa dengan baik dan hasil dari kegiatan ini bisa ditindak lanjuti dalam proses pembelajaran dan perwujudan akreditasi pada program studi masing-masingnya. Demikian disampaikan oleh Dr, Ridwal Trisoni, S. Ag., M. Pd., pada saat pembukaan acara Seminar dan Workshop Nasional yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab dan Tadris Biologi.

Pada kesempatan ini Dr. Adripen, M. Pd., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Batusangkar pada kesempatan ini juga menyampaikan bahwa secara bertahap dan berkesinambungan terus berusaha mengimplementasikan kegiatan demi kegiatan oleh lembaga kemahasiswaan yang merujuk kepada Rencana Strategis sebagai acuan dan pedoman dalam melaksanakan kegiatan tersebut, sehingga dapat terealisasi keberlanjutan kegiatan dan program kerja lembaga kemahasiswaan.

Apresiasi kepada Pembina Lembaga Kemahasiswaan dan Ketua HMJ beserta Kepengurusannya yang telah mampu berkolaborasi melaksanakan kegiatan ini. Melaksanakan kegiatan secara berkolaborasi adalah untuk percepatan pencapaian potensi dan kompetensi, bukan untuk mengurangi kegiatan akan tetapi tetapi agar lebih efisiensi dalam persoalan anggaran dan efektifitas dalam berkegiatan. Kegiatan yang sama melahirkan potensi dan kompetensi yang sama disatukan pada satu kegiatan sehingga akan lebih banyak lagi kegiatan yang bisa dilaksanakan pada akhirnya.

Kegiatan seminar dan workshop ini bertujuan untuk meng-upgrade potensi dan kompetensi mahasiswa FTIK bagaimana mereka punya kemampuan untuk menciptakan media pembelajaran sebagai perantara percepatan pencapaian tujuan dalam proses pembelajaran. Media ini perlu dirancang dan dipersiapkan dengan maksimal mungkin sehingga tujuan pembelajaran dapat terwujudkan.

Keterampilan membuat media harus selalu dikembangkan agar proses belajar mengajar tidak hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran semata tetapi lebih dari itu bagaimana tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal, dalam hal ini dibutuhkan ketersediaan alat atau media yang dapat membantu pencapai tujuan pembelajaran itu sendiri.

Keseriusan peserta sangat diharapkan dalam mengikuti kegiatan ini, dari awal sampai akhir. Pergunakan dan manfaatkan kesempatan ini dengan menimba berbagai pengetahuan, pengalaman dan keterampilan serta wawasan dengan pemateri untuk bisa menjadikan semuanya itu sebagai bahagian kompetensi keguruan. sehingga apa yang menjadi tujuan dari pelaksanaannya yaitunya dapat melahirkan sebuah media akan dapat membantu pencapai tujuan, peningkatan keterampilan mahasiswa dalam pengembangan media pembelajaran, dan sebagai wadah untuk menjadi guru yang profesional pada masa yang akan datang.(Humas FTIK. David Leo)


SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :