Senin, 18 Maret 2019

PENDIDIKAN BAHASA ARAB BAHAS PROSPEK LULUSAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Batusangkar 14 Maret 2019, dalam rangka mempersiapkan kompetensi lulusan di era revolusi industri 4.0 Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) melakukan visting doctor dengan Narasumber Dr. H. Torkis Lubis, Lc. D.E.S.E (Dosen UIN Malang yang baru saja dilantik sebagai Ketua STAIN Mandailing Natal) dengan tema: "(Prospek Lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan Standar kompetensi mereka di Era RevolusiIndustri 4.0)"

آفاق المستقبل لخريجي قسم تعليم اللغة العربية ومعيار كفاءتهم في الثورة الصناعية الرابعة
Dalam paparannya, Dr. H. Torkis Lubis, Lc. D.E.S.E secara rinci menjelaskan: Dewasa ini bahasa Arab merupakan bahasa yang peminatnya cukup besar di dunia Barat. Di Amerika misalnya, hampir tidak ada suatu perguruan tinggi yang tidak menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu mata kuliah, termasuk perguruan tinggi Katholik atau Kristen. Sebagai contoh, Harvard University, sebuah perguruan tinggi swasta paling terpandang di dunia. Berkenaan dengan kurikulum Pendidikan Bahasa Arab, beberapa sarjana mencoba untuk mengatasi aspek pengetahuan yang diperlukan untuk mengajarkan bahasa Arab kepada orang Non Arab. Ada empat aspek mendasar yang sangat urgen: a. Aspek linguistik b. Aspek pendidikan c. Aspek budaya dan d. Aspek teknis.  Ketika  dihubungkan dengan aspek teknis, maka standar kompetensi mereka di Era Revolusi Industri 4.0 dalam penggunaan program e-mail, perangkat lunak pengedit dokumen seperti word, perangkat lunak konversi dokumen ke PDF seperti: pencipta PDF, gunakan program untuk presentasi seperti Power Point, program Untuk mengedit gambar seperti cat, gunakan program untuk mengedit audio: wave editor, situs untuk menyimpan file seperti Drive, drop box dll  adalah suatu lumrah dikuasi oleh mahasiswa. Dalam hal ini Syekh Walid Hamdy (Dosen Native Speaker di IAIN Batusangkar) juga menekankan aspek budaya di Arab seperti pergaulan dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan yang dibuka secara langsung oleh Dekan FakultasTarbiyah dan Ilmu Keguruan (Dr. SirajulMunir, M.Pd) berpesan bahwa setidaknya ada 4 (empat) kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yaitu Komunikasi, Berfikir Kritis, Berkolaborasi dan Menguasai ICT.
Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (Dr. H. Muhammad Yusuf Salam, M.A) selaku penanggungjawab kegiatan berharap agar mahasiswa dapat menyesuaikan profesionalnya dengan perkembangan yang terjadi pada masa era revolusi industri 4.0





SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :