Senin, 25 Maret 2019

PBA IAIN BATUSANGKAR ANTARA SILATURRAHMI DAN PRESTASI PADA SIMBA KE VII MEDAN

Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Institut Agama Islam Negeri (PBA IAIN) Batusangkar telah memberangkatkan delegasinya sebanyak dua puluh dua mahasiswa dan satu orang pembimbing Ke UIN Medan dalam acara Silaturrahmi Mahasiswa Bahasa Arab se-Sumatera ke VII (SIMBA VII). Kegiatan SIMBA ke-VII menjadi salah satu program yang akan dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Sumatera Utara. Kegiatan ini berlangsung di UIN Medan dan Asrama Haji Kota Medan pada tanggal 22-24 Maret 2019. Tema kegiatan, yaitu “Mempererat Tali Silaturrahmi Serta Membangun Eksistensi Bahasa Arab di Zaman Milenial”
Kegiatan yang dilepas Dekan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Bapak Dr. Sirajul Munir, M.Pd. pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2019 berpesan agar mahasiswa bisa menjaga nama baik kampus dengan menjalin silaturrahmi antar mahasiswa se-Sumatera. Bapak Dr. H. Muhammad Yusuf Salam, MA sebagai ketua Jurusan PBA IAIN Batusangkar juga menekankan bahwa SIMBA merupakan di antara kegiatan yang diselenggarakan oleh ITHLA. ITHLA adalah organisasi kemahasiswaan di tingkat Nasional yang mengikat seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Tarjamah Bahasa Arab (TBA) dan Dirasah Islamiyah Wal Arobiyah (DI) pada masing-masing perguruan tinggi di Indonesia. Bapak ketua Jurusan menguatkan arahan bapak dekan agar silaturrahmi  mahasiswa PBA IAIN Batusangkar dengan mahasiswa dari lembaga lain terjalin kuat dengan tujuan yang sama, yakni mengembangkan bahasa Arab di Indonesia.


Silaturahmi Mahasiswa Bahasa Arab se-Sumatera ke VII (SIMBA VII) di Sumatera Utara Medan telah melaksanakan berbagai kegiatan: Seminar Internasional, Pelantikan Dewan Pimpinan Wilayah I Sumatera (DPW I), Temu Ilmiah Mahasiswa Bahasa Arab se Sumatera, Rapat Kerja Dewan Pimpinan Wilayah I Sumatera (DPW I), Lomba-Lomba Bahasa Arab, Pentas Seni, Kirab Budaya, dan Rihlah.
Dalam kegiatan ini delegasi PBA IAIN Batusangkar memperoleh juara tiga dari dua cabang kegiatan, Ghina 'Arabi dan Kaligrafi. Adapun sang juara yang mengharumkan nama IAIN Batusangkar  adalah Yossi Isnaini Astika dalam cabang Ghina 'Arabi dan Miftahull Hayati dalam cabang Kaligrafi. Kedua sang juara adalah mahasiswa semester empat pada Jurusan Pendidikan Bahasa Arab di IAIN Batusangkar.

SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :