Senin, 18 Februari 2019

LOKARYA STANDARISASI KURIKULUM PBA

Pada tanggal 7 Februari 2019, IMLA sebagai lembaga yang mewadahi semua pegiat bahasa Arab dan AP-PBA, sebagai badan asosiasi prodi PBA se-Indonesia serta AP-BSA, mengadakan lokakarya kurikulum PBA se-Indonesia dan Sidang Pleno Nasional IMLA yang dilaksanakan di Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung yang bertujuan untuk menyamakan profil lulusan jurusan PBA se-Indonesia
Acara ini dihadiri sekitar 120 perwakilan jurusan dan prodi PBA dan BSA Strata Satu (S1) se-Indonesia baik itu dari Perguruan Tinggi Negeri maupun swasta, Prodi PBA Strata dua (S2) sekitar 22 Perguruan Tinggi, ditambah dengan Prodi PBA Strata tiga (S3) sekitar 2 Perguruan Tinggi, termasuk Jurusan PBA IAIN Batusangkar. Dalam kesempatan ini, PBA IAIN Batusangkar mengutus Dr. H. Muhammad Yusuf Salam, MA. mewakili Jurusan PBA Strata Satu.  Acara lokakarya tersebut dimulai dari pembukaan yang dihadiri  oleh para peserta dari berbagai jurusan dan Prodi PBA dan BSA baik S1, S2 dan S3 se-Indonesia, Para Pimpinan IMLA, asesor bahasa Arab; Dr. Muhbib Abdul wahab, MA. dan Dr. H. Torkis Lubis, Lc., D.E.S.S,  bapak Rektor UNPAD, jajaran dekan Fakultas Sastra serta Dr. Aly Ma’youf al-Ma’youf sebagai Mustasyar IMLA. Acara kedua dilanjutkan dengan Sidang Pleno Nasional IMLA yang meminta kesepakatan dari para Anggota IMLA untuk menunda Muktamar IMLA yang ke Enam dari yang seharusnya diadakan bulan Agustus 2019, menjadi bulan Oktober 2019.
Acara ketiga dilanjutkan dengan pemaparan hasil Profil Lulusan Prodi PBA dan BSA untuk Strata Dua (S2) yang telah dilaksanakan pada oktober 2018 silam. Dilanjutkan dengan acara keempat yaitu rapat pleno AP-PBA dan AP-BSA yang terpisah ruangan terkait dengan Profil Lulusan Jurusan dan Prodi PBA dan BSA Strata Satu (S1). Dan acara kelima yaitu penguatan kerjasama antara Perguruan Tinggi yang telah mengadakan MoU dengan Saudi Elektronik University, materi ini disampaikan oleh Dr. Aly Mayouf al-Mayouf. Setelah acara ini selesai, dilanjutkan dengan MoU antar jurusan dan prodi bahasa Arab se Indonesia. Dalam hal ini, Jurusan PBA IAIN Batusangkar mengadakan MOU dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangkaraya dan  Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah Bengkalis. Kemudian lokakarya ditutup secara resni dan pembacaan hasil oleh ketua Umum IMLA, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd.
Foto MOU PBA IAIN Batusangkar dengan PBA IAIN Palangkaraya

Lokakarya menghasilkan beberapa point kesepakatan, diantaranya bahwa Profil Lulusan PBA se-Indonesia yang wajib adalah menghasilkan Pendidik Bahasa Arab yang menguasai ketrampilan mengajar dan ketrampilan bahasa Arab yang baik dan berkualitas. Usaha merealisasikannya, PBA harus merujuk PMA No, 15 tahun 2018 yang mengalokasikan matakuliah profesional bahasa Arab (keterampilan dan ilmu bahasa Arab) sebanyak 70 %, paedagogik 20%, dan 10% institusi.  Selain profil lulusan tersebut, prodi PBA boleh menambah sesuai dengan visi misi dan tujuan jurusan atau Prodi masing-masing.
Keputusan yang kedua, bahwa acara PINBA ke 12, muktamar IMLA ke Enam sekaligus pergantian pengurus IMLA, AP-PBA dan AP-BSA akan dilaksanakan pada 16 – 18 Oktober 2019. Acara ini ditutup dengan foto bersama yang menandakan keakraban diantara para peserta lokakarya.
Foto Bersama Peserta Lokakarya 7 Februari 2019



SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :