Kamis, 01 Desember 2016

Kegiatan Visiting Doktor Jurusan Pendidikan Bahasa Arab

MENINGKTKAN KOMPETENSI KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DENGAN PENDEKATAN QUR'ANIY
1 Desember 2016
PEMATERI :
PROF. H. AHMAD THIB RAYA

Bahasa Arab adalah salah satu bahasa dunia yang sudah menjadi salah satu bahasa internasional  pada urutan ke 5 sesudah bahasa Perancis. Pada taraf internasional, bahasa Arab menjadi bahasa pengantar dalam menjalin kerjasama di bidang politik, perdagangan, kebudayaan dengan Negara lain, sehingga bahasa Arab sudah menjadi bahasa aktif untuk komunikasi bilateral dan multiteral.
Di era tekhnologi modern ini, bahasa Arab tidak hanya sebagai bahasa agama dan bahasa ibadah saja, namun bahasa arab menjadi bahasa ilmu pengetahuan bagi pelajar di tingkat pemula, menengah, sampai tingkat perguruan tinggi. 
Sementara tata bahasa Indonesia dianggap lebih mudah dari pada bahasa arab karena tidak menggunakan syakal dan harakat dalam membaca dan melafalkan huruf dan percakapan.
Dalam pembelajaran bahasa Arab dikenal dengan empat keterampilan berbahasa, maharah  istima’/skill of listening, maharah kalam/skill of speaking, maharah qira’ah/skill of reading, dan maharah kitabah/skill of writing. (Syaiful Mustofa, 2011, 1)
Oleh sebab itu, sesuai dengan Visi dan Misi Jurusan PBA IAIN Batusangkar yakni  Jurusan PBA berkelas Internasional dengan penguatan keilmuan yang integratif dan interkonektif berbasis riset dan kearifan lokal.
Dalam rangka integrasi dan interkoneksi antar ilmu yakni ilmu bahasa Arab dan tafsir inilah, Jurusan PBA merasakan perlu adanya pemahaman tentang konsep yang utuh terhadap adanya kompetensi kemahiran berbahasa Arab dengan pendekatan Qur’aniy. Dimana kita tahu, bahwa Al-Quran diturunkan dengan Bahasa Arab yang menjadi inspirasi lahirnya ilmu-ilmu Bahasa Arab seperti ilmu nahu, sharaf, ilmu balaghah dan ilmu tarekh dan sebagainya.
Untuk hal di atas, maka Jurusan Pendidikan Bahasa Arab telah selesai melaksanakan kegiatan Visiting Doctor Pada Jurusan Tarbiyah IAIN Batusangkar dengan mencapai tujuan dalam hal Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Berbahasa Arab dengan Pendekatan Qur’aniy.”
DOKUMENTASI KEGIATAN








SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :