Senin, 15 Desember 2014

VISITING DOCTOR

تصميم المناهج والخطة الدراسية لتخصص تربية اللغة العربية بناء على شكل الدرجة الوطنية إندونيسية

“PENYUSUNAN KURIKULUM DAN SILABUS PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI)”
Pada belakangan ini, banyak sekali diskusi tentang Kurikulum Pengajaran Bahasa Arab di Indonesia telah mengalami perubahan seiring dengan perubahan kebijakan yang terjadi. Seiring dengan perubahan Perpres No 8 tahun 2012 tentang KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia).  Pengajaran Bahasa Arab mengalami penyesuaian yang terdiri dari aspek substantif dan aspek administratif procedural. Secara substantif dan faktual, kurikulum yang didesain dan dikembangkan menjadi silabus di Perguruan Tinggi harus mampu menyiapkan mahasiswa untuk mampu menjawab tantangan globalisasi dan tekhnologi modern pada bidang ilmu keahliannya yakni ilmu Bahasa Arab dan ilmu kependidikan Bahasa Arab. Sehingga perubahan ini memberikan dampak pada sistem pendokumentasian administrasi mulai dari perencanaan kurikulum dan asassmennya.
Dalam rangka memberikan wawasan dan cakrawala yang benar tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia kepada para dosen Pendidikan  Bahasa Arab dan bagaimana menginterpretasikan Kurikulum berbasis KKNI ke dalam penyusunan dan pengembangan Kurikulum dan silabus, maka perlu  diselenggarakan kegiatan seminar dengan pemateri yang punya kualifikasi dalam bidang pengembangan Kurikulum Pendidikan Bahasa Arab berbasis KKNI.
Untuk hal di atas, maka Prodi Pendidikan Bahasa Arab Alhamdulillah telah melaksanakan kegiatan Visiting Doctor Pada Jurusan Tarbiyah STAIN Batusangkar dengan tema: Penyusunan Kurikulum dan Silabus Prodi Pendidikan Bahasa Arab berbasis KKNI.
Nara sumber visiting doktor ini adalah Prof. Dr. Fachrurozy, MA dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (dosen metode penelitian pendidikan bahasa arab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu 12 Desember 2014 di Auditorium STAIN Batusangkar dengan dihadiri oleh Dosen Pendidikan Bahasa Arab, Alumni serta mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab.

Dokumentasi Kegiatan







SHARE THIS

Facebook Comment

0 komentar :